• Wed. Jun 23rd, 2021

celticcreek

Creek Blog

Perkembangan Psikologi Dalam Sejarah Islam

Byadmin

Dec 19, 2020

Islam merupakan suatu agama yang menjunjung pengetahuan. Hal tersebut dibuktikan dari kontribusi tokoh islam dalam setiap bidang keilmuan. Dari sekian bidang keilmuan, sains menjadi salah satu bidang yang banyak ditekuni oleh tokoh islam dari zaman dahulu. Dari matematika, biologi, astronomi, hingga kedokteran. Alasannya karena bidang-bidang tersebut berkaitan dengan pentingnya menjaga alam dan kehidupan umat manusia.

Kampus Psikologi

psikologi islam

Kesehatan menjadi prioritas utamanya sebab menyangkut keselamatan orang-orang sekitar dan diri sebagai orang muslim. Maka tidak heran jika ilmu kedokteran telah dipikirkan perkembangannya dari zaman dulu. Bagian kecilnya yaitu kesehatan jiwa atau ilmu psikologi islam.

Pada zaman Abbasiyah, perkembangan ilmu psikologi begitu diperhatikan. Para ilmuwan muslim saat itu menyadari bahwa kesehatan jiwa sangat penting dalam hubungannya beribadah dengan Yang Maha Kuasa dan tidak ketinggalan juga hubungan antar sesama muslim. Berasal dari yang jiwa yang sehat inilah kehidupan umat manusia akan berjalan dengan baik.

Atas dasar pemikiran tersebut, pemerintahan pada zaman Abbasiyah mulai memberi perhatian lebih pada kesehatan. Utamanya dalam prakteknya sendiri pada zaman tersebut sudah terdapat bangsal khusus pria dan wanita, penyakit dalam, penyakit menular, dan intensif psikologi atau sakit jiwa. Di dukung dengan fasilitas yang canggih, dan dokter professional.

Mereka melakukan perawatan dan pengobatan terbaik untuk pasien, tidak terkecuali untuk pasien non-muslim. Pada zaman Abbasiyah membuktikan bahwa tidak ada pembeda antara orang normal dengan kelainan ataupun agama yang dipeluknya. Sejatinya manusia harus saling membantu dan menghargai.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa psikologis islam sudah ada sejah zaman Abbasiyah  baik dari secara teori maupun secara praktiknya. Di pandangan dunia, psikologi islam masih sangat jarang dikenal. Padahal ada banyak hal yang dapat dipelajari dari keilmuan psikologi melalui agama islam. Bahkan di beberapa sumber gagasan ilmu psikologi tidak lepas kontribusinya dari para tokoh islam.

Psikologi islam perlu lebih banyak digali agar masyarakat tidak asing dengan bidang ilmu tersebut. Utamanya bagi pemeluk agama islam dan bagi para ilmuwan khususnya, untuk membuktikan bahwa islam juga peduli dengan pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *